Sabtu, 08 Februari 2014

assalamualaikum kawan blogger saya mau cerita tentang kondisi musim tanam pada saat ini ( januari 2014 ) di daerah Temanggung secara umum, saat ini banyak petani menanam padi khususnya di sawah ada yang sudah hampir panen ada juga yang baru seminggu umur tanam, akan tetapi dari informasi yang saya dapat khususnya di sekitar tempat tinggal saya desa Kutoanyar banyak petani mengeluh tanaman padinya yang terserang hama wereng yang menyebabkan tanaman padi seperti terbakar dan kalau serangan terjadi saat biji padi belem padat atau mengental maka biji padi tersebut akan kosong atau gabuk tidak ada isinya, departemen pertanian melalui ppl nya juga sudah melakukan menyemprotan massal akan tetapi sampai saat ini hama masih ada, dan petani juga sudah melakukan penyemprotan berulang dengan obat-obatan yang beredar di pasaran. Hal yang sama juga dialami petani yang sedang menanam tomat, banyak tanaman tomat yang terserang virus layu dan keriting  sehingga tanaman tomat tidak berbuah dan kalau berbuah sering tidak maksimal dan busuk, akibatnya harga tomat saat ini bisa mencapai Rp 10.000 perkilo dengan kualitas bagus.
memang saat curah hujan sedang tinggi-tingginya tanaman budidaya sering tidak kuat dan para petani kesulitan memperoleh hasil yang baik. tetapi para petani menanamnya agar bisa menjual hasilnya dengan harga yang lumayan tinggi walaupun resiko kegagalannya kadang lebih besar.
malah yang lebih gencar para petani di lereng Sindoro sebelah selatan banyak sekali yang sedang menanam cabai kabarnya dari sales benih cabe bahkan sudah mencapai kwintalan biji cabai yang ditanam di Temanggung ini, semoga para petani memperoleh hasil yang baik sebagai ganti tanam tembakau tahun lalu. demikian kabar para petani di Temanggung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar